Majalahparfum – Industri Parfum Moderen banyak menggunakan notes buatan (artificial), bukan alami. Dengan kata lain, minyak yang diggunakan merupakan minyak sintetis yang diolah melaluui proses kimia.

Apakah notes sintetis lebih murah dan kemungkinan besar mengiritasi kulit saya?

TIDAK. Notes buatan tidak berarti lebih murah dan miskin kualitas. Karena ada notes aroma sintetis yang bahkan lebih mahal dibanding not alami manapun dan minyak alami murni lebih mungkin menyebabkan iritasi dibanding notes buatan mana pun.

Mengapa not buatan ini dibuat dan apa mannfaatnya?

  • Memungkinkan terciptanya aroma baru seperti ozon, metalik, air laut dan lain-lain yang tidak mungkin diciptakan dengan meenggunakan bahan-bahan alami.
    Menyederhanakan, mempercepat dan memperkecil biaya produksi parfum sehingga harganya pun dapat dijangkau masyarakat. Contohnya, untuk menghasilkan 500 gram minyak mawar dibutuhkan ribuan kilogram kuntum mawar. Lebih sulit lagi mendapatkan ekstrak minyak melati dan violet yang menghabiskkan lebih banyak waktu dan mahal.

Apakah not alami lebih baik dibanding notes buatan? TIDAK. Karena notes buatan memiliki kelebihan berikut.

  • Kandungan sintetis lebih tahan lama dibanding yang alami
  • Bahan sintetis yang diriset dengan baik justru menyebabkkan lebih sedikit alergi dibbanding not alami.
  • Beberapa aroma lebih mirip aroma asli jika dibuat dari bahan sintetis. Pada bunga lilac atau liliy lembah, misalnya, aroma aslinya tak bisa didapat dari ektraksi atau makerasi bahan alami.
  • Pada saat diaplikasikan pada kulit, aroma dari bahan alami terasa seperti bahan buatan.
  • Aroma bahan sintetis memiliki standar yang sama dan dapat diproduksi kembali dengan kualitas yanng sama. Berbeda dengan bahan alami yang tergantung kondisi alam.

 

Photo by Ron Lach