Majalahparfum – Benzyl alcohol adalah senyawa kimia yang umum digunakan dalam berbagai produk dan industri, termasuk industri parfum. Secara sederhana, benzyl alcohol adalah zat yang memiliki aroma manis dan sedikit bunga.

Benzyl alcohol memiliki sifat yang dapat menghambat pertumbuhan mikroorganisme, sehingga sering digunakan sebagai pengawet dalam produk kosmetik, perawatan kulit, dan produk farmasi. Selain itu, ia juga digunakan sebagai pelarut dalam berbagai formulasi, termasuk parfum, karena dapat melarutkan zat-zat lain dengan baik.

Digunakan sebagai komponen pewangi, pengawet, pelarut, dan zat penurun kekentalan. Meski berlabel ‘alkohol’, senyawa ini tidak sama dengan etanol atau alkohol yang terdapat pada minuman keras.

Dalam parfum, benzyl alcohol merupakan salah satu ingredients dapat memberikan sentuhan lembut, manis, dan floral. Ia sering digunakan sebagai komponen untuk memberikan keharmonisan pada aroma keseluruhan dan meningkatkan daya tahan parfum pada kulit.

Namun, penting untuk dicatat bahwa beberapa orang mungkin memiliki sensitivitas terhadap benzyl alcohol, dan dapat menyebabkan iritasi pada kulit. Oleh karena itu, penggunaan benzyl alcohol dalam produk parfum dan kosmetik harus memperhatikan dosis yang aman dan mematuhi pedoman keamanan yang ditetapkan.

Produk yang mengandung benzyl alcohol juga tak perlu dikhawatirkan kehalalannya, karena MUI telah menyatakan bahwa senyawa ini halal1.


Footnotes:

1 Lihat Penggunaan Alkohol dalam kosmetika.

sumber gambar: Mystic Moments