Majalahparfum – Banyak cara yang dilakukan oleh orang-orang agar wangi parfum bertahan lebih lama. Seperti menyemprotkan parfum pada rambut. Hal ini masih menjadi perdebatan boleh atau tidaknya. Namun ada baiknya jika memang harus menyemprotkan parfum pada rambut, maka rambut dalam keadaan bersih dan sehat. Cobalah secara tidak langsung seperti menyemprotkan parfum pada sisir lalu menggunakannya.

Ada pula yang menyemrptkan parfum pada pakaian. Hal ini sebaiknya dihindari karena dikhawatirkan akan merusak kain itu sendiri, terutama pada bahan sutera. Beberapa jenis parfum juga ternyata meninggalkan noda. Terlebih parfum palsu. Cara yang lebih aman untuk mengharumkan pakaian adalah dengan menggunakan parfum khusus pakaian. Atau bisa juga dengan menuangkan beberapa tetes parfum pada air setrika uap. Bisa juga dengan meneteskan parfum ke dalam air cucian yang digunakan untuk merendam pakaian, namun hal ini sangat jarang sekali dilakukan.

Berapa lama parfum dapat bertahan?

Ketahanan parfum berbeda antar satu orang dan orang lainnya. Biasanya, Parfum dengan kandungan konsentrat tinggi (>20%), bisa bertahan 6 hingga 8 jam; Eau De Toilette atau American cologne 3 hingga 4 jam, atau bisa lebih lama jika memiliki kadar wewangian lebih tinggi.

Berikut ini trik agar aroma parfum dapat bertahan lebih lama.

Titik aplikasi yang tepat – Bukan seberapa banyak parfum yang kita semprotkan, tapi areea di mana kita mengaplikasikan parfumlah yang penting. Semprotkan pada titik-titik nadi . Wilayah-wilayah ini selalu hangat karena darah berjalan melalui arteri-ateri yang penting dan panas menyebabkan wewangian memancar dari kulit ke udara.

Kondisi kulit – Penelitian menunjukkan bahwa kulit berminyak dapat lebih lama menahan aroma parfum ketimbang kulit kering Parfum bertahan lama pada kulit berminyak.

Jenis wewangian – Tidak semua jenis wewangian bertahan lama. Wewangian floral dan citrus menghilang lebih cepat dibanding wewangian yang musky, woody atau oriental.

Kadar wewangian – Parfum dengan kadar wewangian tinggi bertahan lebih lama. Eau De Parfum akan hidup lebih panjang pada kulit dibanding Eau De Toilette.

Layering – Gunakan wangi yang sama dengan produk-produk berbeda. Mereka akan saling menguatkan satu sama lain sehingga ketahanan aroma menjadi berkali-lipat.

Panas VS dingin – Ketahanan parfum di ruang berpendingin berbeda dengan udara panas. Jadi, parfum mereka yang beraktivitas fisik di luar ruangan kemungkinan akan lebih cepat menghilang wanginya dibanding mereka yanng duduk di depan komputer di ruang dingin. Teriknya musim panas meningkatkan efek bebauan. Makin panas udara, makin cepat notes wewangian meninggalkan kulit kita. Jawabannya adalah seringlah mengaplikasikan wewangian yang lebih ringan.

Pada musim dingin (salju), not-not wewangian naik lebih lama. Top Note, Middle Note dan Base Note berkembang lebih perlahan. Karena itulah kita bisa menggunakan wewangian yang lebih berat pada cuaca yang lebih dingin.